Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Rupa #12


Kritik seni rupa

Pelajari soal-soal berikut beserta jawabannya. Selanjutnya anda dapat menguji kemampuan anda dengan menjawab soal-soal pada aplikasi googleform yang ada di bagian bawah postingan ini.

Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Kritik berasal dari kata berbahasa Yunani, yaitu krinein yang berarti ……
a. memisahkan
b. menyelesaikan
c. mengecam
d. memecahkan
e. membahas

2. Penilaian kritikus terhadap sebuah karya seni rupa berfungsi ……
a. membantu masyarakat untuk memahami karya tersebut
b. merendahkan pencipta karya
c. mengubah pemikiran masyarakat
d. mendorong pencipta karya untuk mengganti karyanya
e. meraih keuntungan pribadi

3. Cara yang dapat digunakan untuk menulis kritik adalah ……
a. formalisme, ekspresivisme, dan instrumentalisme
b. ekspresivisme, humanisme, dan instrumentalisme
c. formalisme, ekspresivisme, dan individualisme
d. pragmatisme, instrumentalisme, dan humanisme
e. formalisme, ekspresivisme, dan pragmatisme

4. Salah satu hal yang dinilai dalam kritik formalisme adalah ……
a. gagasan pencipta
b. situasi sosial ketika karya dibuat
c. bidang dan bentuk
d. latar belakang pencipta
e. pandangan masyarakat

5. Perhatikan aspek-aspek berikut :
1) alat yang digunakan oleh pencipta
2) gagasan pencipta
3) perasaan pencipta
4) kombinasi warna dalam karya
5) pengalaman pencipta
Hal-hal yang dianggap mempengaruhi karya dalam kritik ekspresivisme adalah ……
a. 1, 4, dan 5
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5

6. Cara yang tepat dalam melakukan kritik ekspresivisme adalah ……
a. menginterogasi pencipta mengenai karyanya
b. mencari-cari niat pencipta sesungguhnya
c. berkonsultasi dengan pencipta
d. menjadikan niat pencipta sebagai standar untuk menilai
e. melihat bagaimana karya tersebut menghasilkan dampak inderawi bagi penikmat
 
7. Kritik berdasarkan kemampuan suatu karya dalam mencapai suatu tujuan disebut juga kritik ……
a. instrumentalisme
b. ekspresivisme
c. formalisme
d. pragmatisme
e. individualisme

8. Bagi para kritikus instrumentalis, seni bernilai tinggi jika ……
a. memiliki harga (price) yang tinggi
b. warna yang digunakan bervariasi
c. mampu menyamarkan maksud tertentu dan berdampak pada sikap penikmatnya
d. dibuat oleh seniman terkenal
e. memiliki unsur estetika yang tinggi

9. Salah satu hal yang dapat menyulitkan penafsiran seni instrumentalis adalah ……
a. rumitnya gagasan yang ingin disampaikan pencipta
b. adanya motivasi dalam penciptaan karya untuk melayani kebutuhan pihak tertentu
c. kompleksitas garis dalam karya
d. karya yang terlalu gelap
e. tidak jelasnya latar belakang pencipta

10. Perhatikan langkah-langkah berikut.
1) evaluasi
2) deskripsi
3) interpretasi
4) analisis
Urutan yang tepat dalam membuat sebuah kritik adalah ……
a. 4, 1, 3, dan 2
b. 2, 4, 3, dan 1
c. 2, 4, 1, dan 3
d. 2, 3, 1, dan 4
e. 1, 3, 2, dan 4

11. Berikut ini yang bukan termasuk hal-hal yang diungkapkan dari sebuah karya dalam tahap deskripsi adalah ……
a. judul
b. tahun pembuatan
c. penekanan nuansa
d. ukuran
e. bahan yang digunakan

12. Penjelasan dalam tahap deskripsi berfungsi untuk ……
a. membangun bayangan bagi pembaca mengenai karya seni yang disajikan
b. mempengaruhi pandangan pembaca
c. mendorong pencipta untuk mengubah karyanya
d. memperbaiki ukuran karya
e. menemukan gagasan pencipta

13. Tahap dalam kritik yang berisi penjelasan mengenai kualitas unsur-unsur visual untuk mewujudkan gagasan disebut tahap ……
a. pendahuluan
b. deskripsi
c. analisis
d. interpretasi
e. evaluasi

14. Tahap dalam kritik yang berisi pendapat kritikus atas penyajian suatu karya disebut tahap ……
a. pendahuluan
b. deskripsi
c. analisis
d. interpretasi
e. evaluasi

15. Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah untuk mengevaluasi karya secara kritis adalah ……
a. menyelidiki sponsor yang mempengaruhi pencipta
b. mengaitkan karya yang dinilai dengan karya yang sejenis
c. menetapkan tujuan atau fungsi karya
d. menetapkan sejauh mana karya tersebut “menyimpang” dari karya sebelumnya
e. menelaah dari sudut pandang tertentu yang melatar belakanginya

16. Kritik sebagai apresiasi seni rupa dapat digunakan untuk ……
a. menentukan harga (price) sebuah karya
b. memahami permasalahan sosial yang diperihatkan oleh sebuah karya
c. menyelidiki latar belakang pencipta
d. membantu perkembangan seni rupa menjadi lebih baik
e. mendorong pencipta untuk mengubah karyanya

17. Berikut ini termasuk dalam fungsi kritik seni rupa, kecuali ……
a. menjembatani persepsi antara pencipta dan penikmat karya
b. mendeteksi kelemahan karya
c. membangun kekurangan karya
d. memberikan bantuan pemahaman terhadap realita artistik dan estetika dalam karya
e. memberi makna yang akurat mengenai karya

18. Berikut ini yang tidak termasuk dalam manfaat kritik seni rupa adalah ……
a. berguna bagi perkembangan seni rupa
b. pencerahan bagi penikamat seni
c. berguna bagi perkembangan ilmu seni rupa
d. cambuk” bagi pencipta karya
e. sumbangan pemikiran untuk menyusun sejarah seni

19. Standar penilaian terhadap sebuah karya dalam kritik ekspresivisme berfokus pada ……
a. dampak inderawi bagi penikmatnya
b. dampak sosial bagi masyarakat
c. kemampuan karya untuk memecahan masalah
d. harga (price) yang ditentukan
e. kualitas karya

20. Hal yang paling mendasar pada tahap deskripsi saat membuat kritik adalah ……
a. penyajian fakta yang bersumber langsung dari karya yang dianalisis
b. pengungkapan masa lalu pencipta
c. penjelasan mengenai makna dari karya
d. perbandingan karya dengan karya lain yang sejenis
e. penjabaran mengenai kondisi sosial ketika karya itu dibuat

Sumber :
Sugiyanto, dkk. 2016. Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Link soal seni rupa #12 : 
https://bit.ly/SoalSeniRupa_SR12

***

Posting Komentar untuk "Soal Seni Rupa #12"