Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Tari #8


Evaluasi tari dalam bentuk kritik

Pelajari soal-soal berikut beserta jawabannya. Selanjutnya anda dapat menguji kemampuan anda dengan menjawab soal-soal pada aplikasi googleform yang ada di bagian bawah postingan ini.

Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Istilah kritik berasal dari bahasa ……
a. Belanda
b. Prancis
c. Spanyol
d. Yunani
e. Italia

2. Orang yang melakukan kritik atau yang mengkritisi karya seni disebut ……
a. kritisi
b. kritikus
c. sasaran kritik
d. kritis
e. karya seni

3. Dalam sebuah pertunjukan tari, hal yang dikritisi oleh kritikus disebut ……
a. kritisi
b. kritikus
c. sasaran kritik
d. seniman
e. kurator

4. Berikut yang merupakan salah satu seniman yang rajin berkarya juga menulis kritik tari adalah ……
a. Bagong Kussudiardja
b. Riri Riza
c. Slamet Rahardjo
d. Eros Djarot
e. Salman Aristo

5. Berikut yang bukan termasuk fungsi kritik tari adalah ……
a. sebagai media pengapresiasi karya seni tari
b. pengevaluasi pementasan tari
c. menaikan pamor seniman
d. memberi motivasi untuk sasaran kritik
e. meningkatkan pemahaman pembaca tentang seni tari

6. Bentuk kritik berdasarkan isinya terbagi menjadi …… macam
a. dua
b. tiga
c. empat
d. lima
e. enam

7. Kritik yang menyerang sasaran kritik secara individu dan hanya mengungkap kekurangannya adalah kritik ……
a. positif
b. negatif 
c. campuran
d. membangun
e. ideal
 
8. Kritik membangun yang menunjukan kekuatan dan kelemahan secara seimbang adalah kritik ……
a. positif
b. negatif 
c. formal
d. popular
e. campuran

9. Ciri dari kritik yang disampaikan dengan bahasa ilmiah adalah ……
a. terkesan informal karena penggunaan kata yang tidak baku
b. disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti
c. biasanya lebih disukai untuk dibaca
d. terkesan formal dan disampaikan secara sistematis
e. sistematis dengan bahasa yang mudah dimengerti

10. Berikut yang bukan termasuk etika yang baik dalam menyampaikan kritik tari adalah ……
a. menyampaikan kritik dengan sopan untuk menghindari kesalahpahaman
b. menggunakan pilihan kata yang cermat agar sasaran kritik tidak sakit hati
c. memberikan semangat pada seniman tari untuk terus optimis berkarya
d. memberikan solusi atas kekurangan karya yang dipentaskan
e. menyampaikan kekurangan secara jujur dengan kalimat yang menjatuhkan mental sasaran kritik

11. Sikap yang harus dimiliki seorang kritikus dalam menginterpretasikan makna dari tarian yang dibawakan oleh penari adalah ……
a. destruktif
b. deskriptif
c. subjektif
d. objektif
e. permisif

12. Sasaran dalam kritik tari adalah ……
a. kritikus tari
b. seniman tari
c. latar belakang tari
d. aturan dalam tari
e. penikmat tari

13. Norma yang memuat pedoman-pedoman dan umumnya memiliki rumusan tertulis disebut norma ……
a. subjektif
b. objektif
c. deskriptif
d. formal
e. informal

14. Norma yang sering memberikan pengaruh dalam menentukan penilaian evaluasi dalam bentuk kritik disebut norma ……
a. subjektif
b. objektif
c. deskriptif
d. formal
e. informal

15. Fungsi kritik tari bagi pelaku seni atau koreografer adalah ……
a. meningkatkan popularitas pelaku seni
b. memotivasi pelaku seni untuk berkarya lebih baik lagi
c. menutupi kelemahan dalam pertujukan
d. menunjukkan eksistensi kritikus
e. mendekatkan pelaku seni dengan penikmat seni

16. Berikut yang bukan fungsi kritik bagi penikmat seni adalah ……
a. membuat penikmat seni menyukai seni tari
b. meningkatkan pemahaman penikmat seni tentang karya seni tari
c. meningkatkkan apresiasi penikmat seni terhadap seni tari
d. mendekatkan pelaku seni dengan penikmat seni
e. meninggalkan kesan tentang pertujukan dalam benak penikmat seni

17. Kekurangan dari kritik positif adalah ……
a. tidak menyampaikan kekurangan dalam pertunjukan
b. tidak disukai oleh sasaran kritik
c. hanya menyampaikan hal-hal negatif
d. hanya berfokus pada kesuksesan pertunjukan
e. kritik bersifat menjatuhkan

18. Akibat dari kritik negatif adalah ……
a. popularitas pelaku seni meningkat
b. terganggunya hubungan pribadi kritikus dengan pembuat karya seni
c. kekurangan pelaku seni tidak dapat diketahui
d. semua pihak dalam pertunjukan dapat tampil lebih baik lagi
e. tidak adanya peningkatan dalam pelaku seni yang terlibat pementasan

19. Dalam membuat kritik tari, gerakan tari, kostum yang digunakan, latar, dan tata pencahayaan tari dapat dijelaskan dalam tahapan ……
a. deskripsi
b. analisis formal
c. interpretasi
d. evaluasi
e. eksplanasi

20. Tahap akhir dalam membuat kritik estetika tari adalah ……
a. menganalisis hal-hal bersifat teknis
b. mengevaluasi keseluruhan pertunjukan
c. membuat rekomendasi tentang pertunjukan tari
d. menjabarkan deskripsi umum
e. menjabarkan kelebihan dan kekurangan pertunjukan tari 

Sumber soal : 
Sugiyanto, dkk. 2016. Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Link soal seni tari #8 : 

***

Posting Komentar untuk "Soal Seni Tari #8"