Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Teater #6


Naskah lakon seni teater modern

Pelajari soal-soal berikut beserta jawabannya. Selanjutnya anda dapat menguji kemampuan anda dengan menjawab soal-soal pada aplikasi googleform yang ada di bagian bawah postingan ini.

Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Percakapan dalam naskah drama tersebut disebut ……
a. wawancana
b. wawancang
c. kramagung
d. krama-inggil
e. karma agung

2. Dalam naskah drama, bagian yang biasa ditulis dalam kurung (...) atau dengan huruf kapital semua atau dengan huruf miring disebut ……
a. wawancana
b. wawancang
c. kramagung
d. krama-inggil
e. karma agung

3. Berikut yang bukan langkah yang dilakukan agar emosi atau perasaan yang terkandung dalam lakon dapat tersampaikan dengan tepat adalah ……
a. menghafal naskah dengan baik
b. menciptakan intonasi yang tepat
c. mengucapkan diksi yang sesuai
d. melafalkan artikulasi dengan jelas
e. mengimprovisasi nada suara sesuai karakter

4. Ide-ide, pesan, atau pandangan terhadap suatu persoalan yang dijadikan ide sentral dalam sebuah naskah drama disebut ……
a. tema
b. plot
c. alur
d. penokohan
e. latar

5. Tema cerita dalam naskah lakon teater dapat diketahui dengan cara ……
a. memperhatikan properti yang digunakan pemain teater
b. mendengarkan dialog yang diucapkan pemain teater
c. memahami musik pengiring dalam pertunjukkan
d. mengidentifikasi ciri khas sutradara dalam membuat lakon
e. membaca review setelah pertunjukkan teater selesai

6. Dialek adalah penyajian drama berdasarkan ……
a. aliran
b. sajian
c. jenis bahasa
d. gaya
e. suasana

7. Opera yang ditampilkan seperti teater musikal, tetapi sering kali dianggap kurang serius jika dibandingkan dengan opera disebut ……
a. pantomim
b. kabaret
c. operet
d. lenong
e. sendratari

8. Berikut yang tidak termasuk jenis aliran dalam drama adalah ……
a. klasisme
b. neoklasisme
c. romantisme
d. nonklasisme
e. realisme

9. Bentuk drama dengan tiga segi kehidupan yang mendasar, yaitu kebenaran, kesusilaan, dan kegaiban berasal dari aliran ……
a. klasisme
b. neoklasisme
c. romantisme
d. nonklasisme
e. realisme

10. Aliran ini berangkat dari gerakan kesadaran bahwa hakikat kebenaran hanya mungkin dipahami oleh intuisi. Ia menolak sifat-sifat yang umum tentang pengertian ”kenyataan”. Aliran yang dimaksud adalah ……
a. absurdisme
b. neoklasisme
c. romantisisme
d. realisme
e. simbolisme

11. Aliran drama yang muncul sekitar abad ke-19 sangat dipengaruhi oleh tata nilai yang dibangun berdasarkan pemikiran kaum ……
a. realisme
b. kapitalisme
c. absurdisme
d. ekspresionisme
e. positivisme

12. Tokoh seni teater yang beranggapan teater harus menjadi asing kembali agar dapat kembali bangkit sehingga menggunakan rumus bahwa historifikasi bagian terbesar dari alienasi adalah ……
a. Henrik Ibsen
b. Eugene Ionesco
c. Sopcholes
d. Bertolt Brecht
e. Aristoteles

13. Perhatikan ciri-ciri berikut.
1) Mengupas suka-duka kehidupan dengan cara menimbulkan rasa haru
2) Menampilkan lakon dengan cerita yang sentimental
3) Memiliki ejekan dan sindiran yang sifatnya terselubung
4) Memiliki serangkaian peristiwa yang tampak hidup
5) Menyajikan tokoh biasa, tidak ternama, dan bersifat stereotipe.
Ciri-ciri jenis sajian drama tragedi ditunjukkan pada nomor ……
a. (1), (2) dan (3)
b. (1), (2) dan (5)
c. (2), (3) dan (4)
d. (2), (3) dan (5)
e. (3), (4) dan (5)

14. Tujuan utama lakon tragedi adalah ……
a. mengungkapkan kelemahan sifat manusia dengan cara yang lucu
b. menyampaikan kritik dengan cara yang cerdik
c. mengupas suka-duka kehidupan dengan menimbulkan rasa haru
d. menyajikan lakon yang berakhir dengan kebahagiaan
e. merasakan pengalaman emosi melaui pengidentifikasian diri para tokoh

15. Lakon yang mengungkapkan kelemahan sifat manusia dengan cara yang lucu sehingga para penonton dapat lebih menghayati kenyataan hidupnya adalah ……
a. tragedi
b. komedi
c. drama
d. satir
e. melodrama

16. Drama yang tidak hanya semata-mata sebagai humor biasa, tetapi lebih sebagai sebuah kritik terhadap seseorang atau kelompok masyarakat dengan cara yang sangat cerdik adalah ……
a. tragedi
b. komedi
c. drama
d. satir
e. melodrama

17. Lakon serius yang memiliki segala rangkaian peristiwa yang tampak hidup, mengandung emosi, konflik, dan daya tarik memikat, serta tidak diakhiri dengan kematian tokoh utamanya adalah ……
a. tragedi
b. melodrama
c. drama
d. satir
e. komedi

18. Terjadinya kerumitan dari jalinan peristiwa yang dilengkapi dengan penggambaran perilaku karakter yang ingin mengatasi konflik muncul dalam fase ……
a. exposition
b. complication
c. climax 
d. reversal
e. denouement

19. Tahapan dalam kerangka Piramida Freytag yang merupakan penyelesaian yang dapat berakhir dengan bahagia atau menderita disebut ……
a. exposition
b. complication
c. climax 
d. reversal
e. denouement

20. Fase penurunan emosi, baik emosi lakon maupun emosi penonton disebut ……
a. exposition
b. complication
c. climax 
d. reversal
e. denouement 

Sumber soal :
Sugiyanto, dkk. 2016. Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Link soal seni teater #6 : 
https://bit.ly/SoalSeniTeater-STe6

***

Posting Komentar untuk "Soal Seni Teater #6"