Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Teater #8


Analisis pementasan teater

Pelajari soal-soal berikut beserta jawabannya. Selanjutnya anda dapat menguji kemampuan anda dengan menjawab soal-soal pada aplikasi googleform yang ada di bagian bawah postingan ini.

Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Penulis yang membukukan biografi Samuel Beckett adalah ……
a. Bakdi Soemanto
b. Dan Soewajono
c. Martin Esslin
d. Deidre Bair
e. Kronen Burger

2. Nama pengarang asli lakon En Attendant Godot adalah ……
a. Martin Esslin
b. Samuel Beckett 
c. Affandi
d. Edward Albee
e. Peter Brook

3. Judul lakon yang diterjemahkan oleh narapidana kelas kakap dipenjara pada tahun 1949 adalah ……
a. “Hamlet”
b. “Romeo and Juliet”
c. “En Attendant Godot”
d. “End Game”
e. “Les Chaises”

4. Naskah “En Attendant Godot” dipentaskan pertama kali di ……
a. Paris
b. Indonesia 
c. Roma
d. Italia
e. Belanda

5. Analisis pementasan teater yang hanya mengungkap sisi kelemahan saja bahkan cenderung menjatuhkan, merupakan pengertian kritik secara ……
a. luas
b. sempit
c. bebas
d. terbuka
e. tertutup

6. Tokoh yang dijuluki sebagai “paus sastra Indonesia” adalah ……
a. Chairil Anwar
b. H.B. Jassin
c. W.S. Rendra
d. Taufik Ismail
e. Ismail Marzuki

7. Analisis pementasan tater muncul sebagai jembatan antara pentas dan ……
a. masyarakat umum
b. pemain teater
c. kritikus
d. sutradara
e. panitia penyelenggara teater

8. Peran analisis dalam perkembangan teater di Indonesia adalah ……
a. menjadi sumber data dalam penyusunan sejarah
b. melancarkan pembelaan terhadap penghakiman publik
c. mendatangkan lebih banyak penonton
d. memunculkan banyak kelompok teater
e. membuat teater makin dinikmati seluruh kalangan masyarakat

9. Seniman Indonesia yang memiliki julukan ”burung merak” adalah ……
a. Chairil Anwar
b. H.B. Jassin
c. Taufik Ismail
d. Ismail Marzuki
e. W.S. Rendra

10. Salah satu karya Eugene Ionesco yang diadaptasi oleh Bakdi Soemanto adalah ……
a. “Kapai-Kapai”
b. “Kereta Kencana”
c. “Les Miserable”
d. “Les Chaises”
e. “Waiting for Godot”

11. Naskah lakon “Ayahku Pulang” merupakan karya dari ……
a. Bakdi Soemanto
b. Putu Wijaya
c. Gunarto
d. Umar Ismail
e. Martin Esslin

12. Dalam memilih naskah, hal yang tidak perlu dianalisis adalah ……
a. tema atau isi cerita
b. zaman naskah tersebut ditulis
c. alur yang digunakan
d. kepopuleran naskah
e. latar belakang penulis

13. Dalam lakon ”Ayahku Pulang”, tokoh yang digambarkan menyesali perbuatannya diakhir cerita adalah ……
a. Raden saleh
b. Tina
c. Gunarto
d. Maimun
e. Mintarsih

14. Pernyataan berikut yang benar terkait teater modern adalah ……
a. Teater modern bersifat improvisasi
b. Naskah teater modern belum dilengkapi karakter tokoh
c. Tater modern menggunakan kaidah dramaturgi
d. Pementasan teater modern hanya mencakup pemain dan penonton
e. Teater modern hanya membahas naskah dan penulisnya saja

15. Gaya pementasan teater yang berusaha menampilkan potongan cerita kehidupan secara nyata ke atas pentas lengkap dengan tata artistik yang dibuat menyerupai situasi sesungguhnya sesuai dengan tempat berlangsungnya lakon disebut ……
a. realisme
b. absurdisme
c. ilusionisme
d. romantisme
e. positivisme

16. Berikut yang bukan merupakan konsep tata pentas teater adalah ……
a. tata cahaya
b. tata suara
c. tata busana
d. dekorasi panggung
e. jumlah penonton

17. Gaya realisme yang memilih atau menyeleksi detail tertentu untuk digabungkan dengan unsur-unsur simbolik dalam menyajikan keseluruhan tata ruang yang ada di atas pentas disebut ……
a. selektif
b. sugestif
c. deskriptif
d. eksplosif
e. objektif

18. Penggunaan satu tiang yang ditampilkan untuk memberikan gambaran ruang istana dengan bantuan tata lampu yang mendukung, selebihnya adalah imajinasi merupakan salah satu contoh dari gaya pementasan ……
a. realisme selektif
b. realisme sugestif
c. realisme abstraktif
d. absurdisme positif
e. absurdisme negatif

19. Pemilihan pemain yang disesuaikan kondisi atau fisik pemain dengan karakter yang akan diperankan disebut ……
a. casting to type
b. casting to character
c. casting to emotional
d. casting to temperament
e. casting to emotional temperament

20. Pemilihan pemain karena adanya kesamaan emosi dengan tokoh yang akan diperankan disebut ……
a. casting to type
b. casting to character
c. casting to emotional
d. casting to temperament
e. casting to emotional temperament 

Sumber soal :
Sugiyanto, dkk. 2016. Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Link soal seni teater #8 : 
https://bit.ly/SoalSeniTeater-STe8

***

Posting Komentar untuk "Soal Seni Teater #8"