Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Seni Rupa

 

Amatilah gambar berikut ini! 
Gambar ini merupakan contoh hasil karya seni rupa.

Menurut Ensiklopedia Indonesia, seni meliputi penciptaan dari segala hal atau benda yang sering dilihat atau didengar orang karena keindahannya
Pengertian seni menurut beberapa ahli :
1. Herbert Read, seni adalah suatu bentuk yang menyenangkan, yaitu perasaan yang memberikan kepuasan.
2. Ki Hajar Dewantara, seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia. 
3. Achdiat Karta Mihardja, seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.
4. Plato, seni adalah peniruan terhadap alam sehingga karya seni merupakan tiruan bentuk alam seperti manusia, binatang, dan tumbuhan.
5. Alexander Baum Garton, seni adalah keindahan dan tujuan positif yang menjadikan setiap orang yang melihat atau mendengarnya merasa bahagia.

Seni rupa adalah ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dari pembuatnya yang diwujudkan melalui media rupa yang dapat ditangkap dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa merupakan cabang seni visual, ini disebabkan penggambaran seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang dinikmati melalui indra penglihatan.

Berdasarkan bentuknya, seni rupa dibagi menjadi 2, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Seni rupa dua dimensi (dwimatra) adalah seni rupa yang dibatasi oleh panjang dan lebar atau pada bidang datar yang bisa dilihat dari depan saja. Sedangkan seni rupa tiga dimensi (trimatra) adalah seni rupa yang dibatasi oleh panjang, lebar, dan tinggi. Memiliki volume atau kedalaman.

Berdasarkan fungsinya seni rupa dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan. Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang dibuat sebagai hasil ekspresi perasaan untuk dinikmati keindahannya. Contohnya relief, patung, lukis, grafis, dan seni kriya. Sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dibuat untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan manusia dan tetap mempertahankan keindahan. Contohnya seni tata busana, seni dekorasi, tata rias, seni arsitektur, seni kriya, dan seni ilustrasi.

***

Posting Komentar untuk "Definisi Seni Rupa"